Proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Dilelang Bulan Depan

  • By Administrator
  • 24 Jul 16

Bisnis.com, JAKARTA-- Pemerintah memprioritaskan ruas Probolinggo--Banyuwangi sepanjang kurang lebih 171 km untuk dilelang bulan depan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono menyatakan hal itu dilakukan secepatnya untuk mengejar target ruas itu terselesaikan pada 2019

" Mulai prakualifikasinya harus bisa pertengahan bulan depan. Pasti kami siapkan, sudah perintah," katanya Kamis(14/7) usai rapat di kementerian BUMN.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan percepatan dan penambahan ruas ini merupakan komitmen yang telah disepakati oleh Presiden dan pihaknya.

"Ini dulu yang pasti dilelang, yang ruas lain bisa menyusul ," tegasnya

Lewat penambahan ruas ini maka tol trans Jawa dari Merak hingga Banyuwangi akan memiliki panjang total sekitar 1.351 km. Selain itu dia menargetkan dengan lelang yang dipercepat, maka konstruksi dapat dilakukan akhir tahun ini.

Herry memperkirakan nilai investasi untuk ruas ini akan mencapai sekitar Rp20 triliun.Namun ujarnya mengingat keterbatasan anggaran,pemerintah belum berencana untuk memberikan dukungan pendanaan

"Sementara kami rencanakan lepas full untuk swasta. Kalau nantinya memang butuh dukungan akan seperti Serang-- Panimbang dalam bentuk service payment,"imbuhnya

Sebelumnya tol Serang--Panimbang yang tengah dalam tahap lelang mendapatkan dukungan pemerintah melalui mekanisme hibrid akibat pemerintah tak mampu mengalokasikan pendanaan untuk konstruksi awal.